Link url

banner image

Apakah Air Sebagai Energi Terbarukan Bisa Habis?

             Sebagai sumber daya energi yang tidak dapat habis, energi terbarukan berperan besar guna membantu kondisi perekonomian suatu negara. Memberdayakan sumber daya energi terbarukan sudah merupakan hal yang taka sing lagi bagi kebanyakan negara maju sebagai salah satu penopang kemajuan sektor pertumbuhan ekonomi negaranya. Jenis energi terbarukan ini pada prinsipnya tidak akan habis karena termasuk dalam sumber daya alam yang akan terus diproduksi secara alamiah melalui siklus alam bekerja. Air merupakan salah satu sumber energy terbarukan yang diketahui tidak bisa habis. Namun, bagaimana dengan kelangkaan energi terbarukan?

Sebagaimana dijelaskan oleh International Water Management Institute, air merupakan salah satu sumber daya terbesar dari jenis energy terbarukan (IWMI, 2007). Oleh karenanya, mengacu pada fakta tersebut, air tergolong sumber daya alam yang tidak dapat habis, karena alam bekerja secara alamiah untuk terus memproduksi pasokan air.

Namun, mengapa terdapat kasus kelangkaan air di beberapa negara maju di dunia? Terkait dengan hal ini, dijelaskan oleh Debaere, Peter., dkk., (2014) dalam Jurnal berjudul Water markets as a response to scarcity, air sebagai energy terbarukan dapat menjadi langka yang mana bisa diakibatkan oleh berbagai faktor seperti kondisi alam dari letak geografis suatu negara, penggunaan air dan jumlah pasokannya yang tidak seimbang, kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh manusia mengakibatkan kerusakan pada sumber daya alam yang kemudian berimbaskan pada kelangkaan energi terbarukan.

Mengacu pada penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelangkaan energi terbarukan bisa saja terjadi. Air, sebagai salah satu sumber energy terbarukan tidak akan habis, namun bukan berarti tidak bisa menjadi langka. Untuk mengatasi permasalahan air langka, kuncinya adalah penerapan manajemen pengelolaan sumber energy terbarukan yang sesuai.

Manajemen pengelolaan ini tentu bertujuan untuk mencegah kelangkaan energi terbarukan, termasuk air sebagai salah satu sumber daya alam yang sangat penting dalam kehidupan manusia ini. Manajemen pengelolaan pun akan berbeda untuk dapat diterapkan di tiap negara, mengingat kondisi actual yang ada di tiap negara pun bisa saja berbeda.

Apakah Air Sebagai Energi Terbarukan Bisa Habis? Apakah Air Sebagai Energi Terbarukan Bisa Habis? Reviewed by Plasa Busana on Januari 29, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.