Link url

banner image

Kelebihan dan Kekurangan Solar Energi

Solar energi merupakan terobosan energi yang mungkin akan menjadi penghasil energi utama untuk kebutuhna manusia dimasa depan. Solar energi Indonesia memang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari penggunaanya yang ramah lingkungan dan seringkali menjadi energi alternative pengganti sumber daya alam yang dapat habis secara perlahan.

Solar energi Indonesia diprediksi akan mengambil peran besar dalam pengembangan energi masa depan yang terus menerus di bahas disemua tataran pemerintahan maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan manusia sudah terlalu lama bergantung kepada energi dari dalam tubuh bumi yang tidak dapat diperbarui.

Terlepas dari manfaat yang akan didapatkan dengan pengaplikasian solar energi sebagai penyedia energi utama seperti pembangkit listrik. Solar energi memiliki beberapa kelebihan dan kekerungan yang harus diperhatikan.

Kelebihan mengunakan solar energi
Solar energi memiliki prospek yang cukup cerah diranah pengembangan energi dunia hal ini tidak terlepas dari klebihan yang ditawarkan.
  1. Ramah lingkungan
Solar energi Indonesia memanfaatkan panel surya sebagai alat penambang utama tenaga matahari. Panel surya sendiri terbuat dari kaca khusus yang dapat menyimpan daya sehingga alat ini tidak mengeluarkan timbal ataupun pembuangan dalam bentuk apapun baik itu asap, bau, maupun yang lainnya. Sehingga solar energi merupakan energi yang sangat ramah lingkungan.
  1. Energi yang tidak terbatas
Solar energi menggunakan matahari sebagai penyokong utama daya yang dihasilkan melalui panel surya. Karena sumber energi berasal dari matahari, maka solar energi memiliki jumlah yang hamper bisa dikatakan tidak terbatas. Matahari juga merupakan sumber energi yang paling berlimpah didalam tata surya kita.

Kekurangan dari solar energi
Solar energi Indonesia masih dalam tahap awal pengembangan sehingga memeiliki beberapa kekurangan.
  1. Biaya pemasangan yang cukup besar
Solar energi merupakan terobosan yang bisa dibilang masih baru dalam industry sumber daya alam. Sehingga butuh harga yang cukup tinggi untuk pemasangannya di lingkungan rumah tangga.
  1. Belum terlalu banyak tersedia dipasaran
Alat-alat yang digunakan untuk menggunakan solar energi sejauh ini memang masih belum banyak dijual dipasaran. Hal ini karena produsen solar energi masih belum terlalu banyak di Indonesia. 
Solar energi di Indonesia memang memiliki masa depan yang cerah, namun hal ini tentunya harus didukung oleh riset yang mendalam sehingga beberapa kekurangan tersebut dapat di tekan seminimal mungkin.



Kelebihan dan Kekurangan Solar Energi Kelebihan dan Kekurangan Solar Energi Reviewed by Plasa Busana on Februari 06, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.