Link url

banner image

Beberapa Manfaat Belajar Olahraga Beladiri

      http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/11/13521685081727323919.jpg

Olahraga Bela diri adalah kegiatan positif yang banyak manfaatnya bagi kaum pria ataupun wanita. Olahraga teratur melalui olahraga beladiri adalah kegiatan yang murah dan mudah kita dapatkan/ pelajari. Dengan ketekunan dan semangat yang tinggi olahragawan yang memilih beladiri memperoleh hasil positif yang sangat besar.

Kesehatan jiwa dan raga adalah manfaat dari olahraga beladiri yang dilakukan secara teratur. Melalui olahraga yang teratur seseorang dapat mengurangi atau melawan penyakit dalam tubuh kita. Dengan olahraga teratur, seseorang tidak perlu membeli obat obatan mahal demi menurunkan berat badan. Banyak manfaat postif yang bisa diambil dari olahraga secara teratur.
Khusus olahraga beladiri, selain mafaat kesehatan manfaat lainnya yang didapat cukup beragam. Paling tidak melalui olahraga beladiri manfaat yang didapat seperti meningkatnya rasa percaya diri, tumbuhnya sportivitas, menghargai orang lain, menghargai senior, menghargai kebersihan.

Pada dasarnya seni beladiri dapat dikategorikan kedalam dua aspek, aspek teknik dan non teknik. Setiap aliran seni beladiri memiliki persamaan dan perbedaan pemahaman mengenai kedua aspek tersebut, akan tetapi perbedaan yang tidak mendasar. Sejarah dari suatu negara, adat istiadat, tradisi dan lingkungan alam tempat beladiri tersebut tumbuh dan berkembang, akan mewarnai perbedaan antara kedua aspek tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari aspek tersebut.

1. Manfaat dari aspek teknik

  1. Dapat menggunakan teknik beladiri dalam pertarungan di medan laga yang luas, untuk menjaga keselamatan diri.
  2. Dapat menggunakan teknik beladiri dalam pertarungan di arena atau tempat yang luasnya terbatas.
  3. Dapat mengembangkan teknik pertarungan untuk menghadapi lawan dalam situasi dan kondisi tertentu, misalnya lawan lebih dari satu orang, atau menghadapi serangan lawan yang menggunakan senjata.
  4. Dapat menjaga kesehatan fisik melalui latihan beladiri yang teratur.
  5. Dapat mengendalikan serangan lawan, kemudian mengendalikan pertarungan agar penyerang dan yang diserang tidak sampai mengalami cedera berat.
  6. Dapat melumpuhkan lawan dengan tempo yang tidak terlalu lama, sehingga tidak perlu banyak membuang energi.
  7. Dapat mempertahankan diri sendiri dan orang lain dengan tidak mengandalkan serangan frontal terhadap lawan yang mungkin memiliki tenaga lebih besar.
2. Manfaat dari aspek non teknik.

  1. Mempunyai kepercayaan diri dan tidak panik untuk dapat menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain.
  2. Memiliki sikap dan mental yang relatif tangguh untuk tidak gampang menyerah saat menghadapi permasalahan dalam kehidupan.
  3. Mempunyai semangat juang yang cukup tinggi dalam mengejar keinginannya.
  4. Dapat menerapkan sikap disiplin dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  5. Dapat memahami seni budaya dan karakter masyarakat suatu bangsa dimana seni beladiri itu berasal,sehingga jalinan persaudaraan antar sesama makhluk ciptaan tuhan dapat diperkokoh meskipun berbeda bangsa, negara, ras, agama dan ideologi.
  6. Dapat mengendalikan sikap dan tingkah laku sehari-hari agar tidak merugikan orang lain.
  7. Dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan fisik, mental dan spiritual dalam harmonisasi irama kehidupan yang dinamis.
semoga bermanfaat
Beberapa Manfaat Belajar Olahraga Beladiri Beberapa Manfaat Belajar Olahraga Beladiri Reviewed by Plasa Busana on September 26, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.