Link url

banner image

MANFAAT ONCOM

http://www.plasabusana.com
  • Sista , Oncom merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner khas Indonesia
    Oncom memang sudah terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat. Beberapa menu yang terkenal dari tanah Parahyangan berbahan dasar oncom ini pun sudah bisa dinikmati di beberapa restoran di seluruh Indonesia.

    Selain harganya mudah, mudah didapat , rasanya enak dan kandungan gizinya pun baik untuk kita.Oncom memiliki nilai dan mutu gizi yang baik karena proses fermentasi dalam pembuatannya. Selain itu, ternyata kapang pada oncom dapat membantu mencegah kembung pada perut.
  • Oncom memiliki kandungan gizi yang relatif baik dan dapat menjadi sumber alternatif asupan gizi yang baik karena harganya murah.
  • Kandungan karbohidrat dan proteinnya tercerna cukup tinggi pada oncom dari bungkil kacang tanah. Selain itu, populasi kapang diketahui dapat menekan produksi aflatoksin dari aspergillusflavus yang telah mencemari substrat (bungkil).
  • Degradasi yang dilakukan oleh kapang menyebabkan beberapa oligosakarida sederhana seperti sukrosa, rafinosa, dan stakhiosa menurun pesat kandungannya akibat aktivitas enzim α-galaktosidase yang dihasilkan kapang (terutama N. sitophilla). Hal ini baik bagi pencernaan karena rafinosa dan stakhiosa bertanggung jawab atas gejala flatulensi yang dapat muncul bila orang mengonsumsi biji kedelai atau kacang tanah.
  • Dalam kaitan dengan aflatoksin, penggunaan kapang N. sitophila dalam proses fermentasi bungkil kacang tanah dapat mengurangi kandungan aflatoksin sebesar 50 persen, sedangkan penggunaan kapang Rh. oligosporus dapat mengurangi aflatoksin bungkil sebesar 60 persen. Aflatoksin dihasilkan pada kacang-kacangan dan biji-bijian yang sudah jelek mutunya. Untuk mencegah terbentuknya aflatoksin, sangat dianjurkan menggunakan bahan baku yang bermutu baik.


    Jangan lupa Share sama Saudara atau teman Sista yang lain ya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua ya Sista :) 

    Jangan lupa Share sama Saudara atau teman Sista yang lain ya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua ya Sista :) 
MANFAAT ONCOM MANFAAT ONCOM Reviewed by Plasa Busana on November 20, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.