Link url

banner image

MENGATASI KULIT YANG TERBAKAR KARENA SINAR MATAHARI


-http://plasabusana.com





Sista, Terkadang kita harus beraktivitas di ruang terbuka yang menyebabkan kita terkena sinar matahari langsung. Kegiatan seperti memanjat gunung, berenang disiang hari ataupun naik kendaraan seperti sepeda motor akan menyebabkan kulit kita terbakar dan kering dan hasilnya beberapa bagian wajah atau kulit terlihat belang dan sakit. Kalau sudah begini biasanya kebanyakan dari kita langsung mencuci muka dengan air dan memakai lotion.  Tapi tau ga kalau sebenarnya cara itu salah. Kulit wajah yg terbakar berbeda dengan kulit yang kering. Tidak bisa sembarangan pakai lotion pelembab. Kulit pasti langsung terasa sakit dan perih bila terkena cairan pelembab.


Untuk mengatasi kulit yang terbakar atau mengelupas akibat dari sengatan sinar matahari maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Air putih sangat membantu. Basuh wajah dengan air dingin, lalu minum air putih lebih banyak dari biasanya untuk menghindari dehidrasi.

2. Kompres wajah dengan segelas susu skim yang telah dicampur es batu selama 15-20 menit.  Ulangi setiap 1 jam.

3. Anda juga dapat menggunakan plain yogurt dingin untuk mengatasi kulit yang terbakar dengan mengompres wajah selama 15-20 menit.

4. Aloe vera / lidah buaya sangat efektif untuk kulit yang terbakar matahari. Olesi dan pijatkan perlahan pada wajah.

5. Jangan gunakan produk yang mengandung alkohol atau mineral oil pada kulit terbakar karena nantinya akan membuat kulit terasa perih dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

6. Konsumsi Aspirin atau Ibuprofen. Kedua obat tersebut berfungsi untuk mengurangi inflamasi. Artinya, iritasi dan kemerahan pada kulit bisa lebih mudah dan cepat dikurangi. Anda bisa mengonsumsinya antara waktu 24 jam setelah terbakar.

7. Gunakan pelembab yang mengandung anti inflamasi. Pilih pelembab yang mengandung zat anti inflamasi. Seperti pelembab yang mengandung aloe vera atau kedelai. Kandungan di dalamnnya bisa mengurangi kekeringan, kemerahan, dan rasa gatal yang muncul akibat terbakar.

8. Manfaatkan Sunblock. Pastikan Anda selalu menggunakan krim yang mengandung sun protection formula (SPF). Ini demi memberikan waktu untuk proses penyembuhan kulit dan membantu kerusakan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya dengan paling sedikit SPF 15 dapat menahan perubahan sel pra-kanker sel sampai menjadi kanker. Jadi, selalu gunakan krim dengan SPF untuk mencegah timbulnya kanker kulit.

9. Eksfoliasi. Setelah area kulit yang terbakar sembuh, lakukan eksfoliasi atau pengelupasan pada area kulit yang terbakar. Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung asam alfa hidroksi, dua kali dalam satu minggu selama satu bulan. Hal ini akan membantu pertumbuhan sel-sel kulit yang baru secara lebih cepat.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan apabila kulit wajah kamu terbakar atau mengelupas akibat paparan sinar matahari.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat yaa sis J
Jangan lupa Share sama Saudara atau teman Sista yang lain ya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua ya Sista :) 
MENGATASI KULIT YANG TERBAKAR KARENA SINAR MATAHARI MENGATASI KULIT YANG TERBAKAR KARENA SINAR MATAHARI Reviewed by Plasa Busana on November 05, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.