Link url

banner image

TIPS MENGHENTIKAN MIMISAN PADA ANAK

                  http://www.plasabusana.com




Sista, hidung mengeluarkan darah (mimisan) kadangkala dapat terjadi pada anak. Meskipun kebanyakan mimisan pada anak jarang berbahaya, tetapi banyak orangtua khawatir dan takut pada saat anak mimisan (apalagi bila darah yang keluar sangat banyak).

Langkah-langkah yang perlu dilakukan pada saat anak mimisan adalah sebagai berikut:
  1. Minta anak untuk berdiri dengan sedikit membungkuk ke depan, atau duduk dengan sedikit membungkuk ke depan. Seringkali orangtua meminta anak menengadahkan kepalanya untuk mencegah darah keluar, tetapi sebenarnya hal ini justru berbahaya karena dapat menyebabkan darah masuk ke dalam paru-paru.
  2. Tekan sisi hidung yang mengeluarkan darah dengan jari telunjuk (bisa jari anak atau jari orangtua) dengan cukup kuat. Lakukan hal ini selama 10 menit penuh.
  3. Cobalah untuk tidak menghentikan tekanan hanya untuk melihat apakah perdarahan sudah berhenti sebelum 10 menit (hal ini penting karena dapat mengganggu proses pembekuan darah yang sedang terjadi).
  4. Setelah 10 menit lepaskan tekanan, lihat apakah hidung masih mengeluarkan darah. Bila masih berdarah ulangi langkah nomor 3 sekali lagi. Jangan lupa untuk menekan selama 10 menit penuh.
  5. Setelah perdarahan dari hidung berhenti, orangtua dapat membersihkan darah yang ada di daerah sekitar hidung dengan menggunakan tissue.
  6. Sebaiknya orangtua tidak memasukkan benda apapun ke dalam hidung (termasuk tissue) untuk menghentikan perdarahan dengan cara menyumbat bagian dalam hidung. Hal ini seringkali akan menyebabkan hidung mudah mimisan di kemudian hari. Perlu diingat bahwa pembuluh darah yang ada di hidung anak sangat rapuh dan mudah pecah atau terluka.
Bawa anak ke dokter bila:
  • Setelah ditekan 2 kali 10 menit mimisan belum juga berhenti
  • Darah yang keluar sangat banyak
  • Anak tersedak oleh darah
  • Anak sulit bernapas

::............................ Semoga bermanfaat untuk Anda semua ya Sista :) .............................:: 


TIPS MENGHENTIKAN MIMISAN PADA ANAK TIPS MENGHENTIKAN MIMISAN PADA ANAK Reviewed by Plasa Busana on Oktober 30, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments System

Diberdayakan oleh Blogger.